IAIN SAS BABEL, BANGKA– Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq Bangka Belitung, gelar stadium general bagi mahasiswa angkatan 2022/2023, di Gedung Aula Terpadu IAIN SAS Babel, Rabu (28/9/2022).

Kegiatan ini mengusung tema ” Peran APBN dan Lembaga Keuangan Terhadap Perekonomian Indonesia di Era Transformasi Digital “, dengan narasumber Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bangka Belitung, Dr. Edih Mulyadi, S.E, M.Si dan Wakil Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel Syariah, Abang Setiady Wijaya, S.E, Ak.

Dihadapan 237 lebih mahasiswa, Dekan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam, Dr. H. Iskandar, M.Hum menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi tema yang di usung berkaitan dengan perekonomian Indonesia. ” Mereka yang ikut hari ini adalah mahasiswa semester satu ada sebagian semester tiga, jadi sedang semangat – semangatnya menyerap ilmu pengetahuan. Temanyapun pas dengan Fakultas Syari’ah dan ekonomi Islam IAIN SAS BABEL,” kata H. Iskandar. Lebih jauh ia menerangkan, narasumber yang hadir dalam kesempatan ini merupakan pihak yang berkompeten dibidangnya, seperti Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bangka Belitung dan wakil pimpinan Bank Sumsel Babel Syariah Pangkalpinang.

” Alhamdulillah kedua narasumber bersedia mengisi materi di IAIN SAS Babel, sebelum acara ini kami sudah berdiskusi dengan pihak tertentu agar acara ini terlaksana dan sesuai dengan tema yang diusung,” terang Iskandar. Iapun berharap kegiatan memberikan wawasan yang luas bagi mahasiswa  dan ilmu yang didapatkan bermanfaat. 

Sementara, Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Irawan, M.S.I mengatakan, dua narasumber pada kegiatan stadium general ini merupakan orang-orang penting yang memiliki kontribusi bagi negara. Ditjen perbendaharaan misalnya menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang anggaran, pengelolaan kas dan investasi dan pengelolaan keuangan pemerintah sesuai dengan ketentuan undang-undang. ” Kalau fungsi Ditjen Perbendaharaan ini misalnya perumusan kebijakan di bidang anggaran, pengelolaan kas dan investasi, pembinaan pengelolaan keuangan badan layanan umum, serta akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah,” terang Irawan. ” Jadi saat sesi diskusi teman-teman mahasiswa bisa menanyakan berbagai hal terkait tentang perekonomian apalagi beberapa waktu lalu di Bangka Belitung terjadi inflasi cukup mengejutkan di Bangka Belitung,” sambung Irawan

Terpisah, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Bangka Belitung, Dr. Edih Mulyadi, S.E, M.Si memaparkan, Anggaran pendaftaran dan belanja negara(APBN) Indonesia merupakan, rencana keuangan tahunan pemerintah negara Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat. APBN berisi daftar sistematis dan terperinci yang memuat rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran, seperti 1 Januari sampai Desember. ” APBN juga memiliki dasar hukum, yakni UUD 1945 pasal 23 yang mengatur tentang APBN, kemudian struktur APBN seperti pendapatan negara dan hibah, belanja negara, keseimbangan primer, surplus dan pembiayaan,” ungkap Dr. Edih

Hadir dalam kegiatan yang diketuai oleh Ratna Kusumadewi, M,A ini adalah, Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Irawan, M.S.I, Wakil Rektor I IAIN SAS Babel, Dr. H. Hatamar, M. Ag, Dekan FSEI, Dr. H. Iskandar, M. Hum, Wakil Dekan I dan 2 FSEI, Kepala prodi dan Sekretaris prodi di FSEI, Dosen serta tamu dan undangan lainnya.

Penulis: Muhamad Nurdin

Leave a Comment