Penulis : Eko Aryanja

Mahasiswa IAIN SAS BABEL, Fakultas syariah dan ekonomi islam prodi hukum keluarga islam yang sedang praktek kerja lapangan di pengadilan agama mentok kelas II Melakukan tata cara sistem pelayanan yang ada di pengadilan , Pengadilan Agama Mentok kelas II menpunyai Sistim Informasi dan Mobile Pelayanan Hukum Bagi Warga Bangka Barat (SIMENUMBING) selanjutnya guna Untuk membangun kepercayaan Masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Pengadilan Agama Mentok, maka terkait dengan Standar Pelayanan yang berlaku di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),. Manfaat SIMENUMBING bagi masyarakata;

  1. Memangkas biaya yang cerai bagi masyarakat pencari keadilan yang berdomisi jauh untuk dating langsung ke Pengadilan Agama Mentok,
  2. Memudahkan masyarakat Bangka barat dalam hal persidangan, mendaftarkan perkara, konsultasi hukum serta pengambilan produk hukum.

Pengadilan Agama Mentok Mempunyai MAKMULAT PELAYANAN “ Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar  yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji kami bersedia menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku” kemudian memberikan kompensasi apabila terdapat keluhan dari pengguna layanan Pengadilan akan keterlambatan pelayanan yang diberikan dan tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Pengadilan Agama Mentok hadirkan SIMENUMBING dengan berbagai kendala yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Bangka Barat, Maka Pengadilan Agama Mentok dengan inovasinya menghadirkan Simenumbing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni Lebih Dekat, Hemat, Efektif dan Efesien. Akses Informasi Di Pengadilan Mudah, Cepat, dan Gratis pelaksanaan pelayanan yang diberikan oleh pengadilan mentok yakni berdasarkan standar pelayanan sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas.

Selanjutnya pengadilan agama mentok kelas II menangani perkara Cerai Gugat / Cerai Gugat, Hadhanah, Izin Poligami, Gugatan Harta Bersama, Gugatan Harta Waris, Pembatalan Perkawinan, Dispensasi Nikah, Isbat Nikah, Wali Adhal, Penetapan Ahli Waris, dan Pengangkatan Anak, dan itu semua punya syarat-syarat tertentu. Penyelenggaraan pelayanan di pengadilan agama mentok meliputi pelaksanaan di PTSP; MEJA I meja informasi yakni melayani masyarakat dalam hal memberi infomasi terkait yang ada di pengadilan, MEJA II pendaftaran selanjutnya mendaftarkan perkara, MEJA III pengambilan berkas-berkas perkara yaitu berkas yang sudah diputuskan  contohnya seperti akta cerai, MEJA IV  kasir, tempat pembayaran perkara.

Dalam rangka mempermudah penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat ada syarat-syarat tertentu. Pengadilan Agama Mentok hadirkan SIMENUMBING dengan berbagai kendala yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Bangka Barat, Maka Pengadilan Agama Mentok dengan inovasinya menghadirkan Simenumbing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni Lebih Dekat, Hemat, Efektif dan Efesien.

Leave a Comment