BANGKA, IAIN SAS BABEL– Prodi Perbankan Syariah (PS), Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan Asessmen Lapangan,(2-4/11/2022). Asesmen Lapangan ini dihadiri oleh Tim Asesor Dr. Titi Dewi Warninda, S.E., M.Si Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Dudi Rudianto,S.E.,M.Si Dosen Universitas Bakrie Jakarta.Tim asesor disambut oleh Rektor, jajaran pimpinan, stake holder, alumni, hingga tim FSEI. Kegiatan ini merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuannya untuk menentukan kelayakan program studi untuk menyelenggarakan program akademiknya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) melaksanakan Asesmen Lapangan secara offline terhadap Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Bangka Belitung. Dekan FSEI, Dr.H.Iskandar, M.Hum menyampaikan terima kasih atas kedatangan Asesor, dukungan dari jajaran pimpinan, dan tim akreditasi. Visitasi ini cukup spesial karena ini merupakan visitasi pertama yang diadakan secara luring pasca pandemic Covid-19 dan visitasi perdana oleh LAMEMBA karena sebelumnya proses akreditasi selalu melalui BAN-PT.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana IAIN SAS Babel dibuka langsung oleh Dr.Irawan,M.S.I, Rektor IAIN SAS Bangka Belitung. Ia menyampaikan terima kasih atas kehadiran Asesor dan berharap agar proses Akreditasi Perdana melalui LAMEMBA ini bisa sukses sesuai harapan. “Semoga proses Akreditasi Perdana melalui LAMEMBA ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan predikat Unggul atau Baik Sekali. Beliau berharap kepada asesor untuk dapat membimbing dan memberikan arahan selama proses akreditasi Prodi Perbankan Syariah” sebut Dr. Irawan.

Tim Asesor I LAMEMBA, Dr. Dudi Rudianto,S.E.,M.Si memberikan pesan bahwa tim asesor hanya bertugas untuk mencatat dan mengoreksi secara langsung apa yang telah dilaporkan di dokumen evaluasi diri (DED). “Setiap kegiatan yang dilakukan selalu mengacu pada rencana strategi bisnis (RSB) UPPS.Selain itu para asesor juga menyampaikan akan melakukan asesmen pada Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS) yang berisi indikator kinerja yang mencerminkan pemenuhan atau pelampauan standar nasional pendidikan tinggi,” terang Dudi

Sementara, Dr. Titi Dewi Warninda, S.E., M.Si Asesor II, berharap agar asesmen lapangan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. “Sebagaimana yang disampaikan Pak Dudi Rudianto, kedatangan kami ke sini adalah silaturahmi dan menjalankan tugas dari LAMEMBA. Jadi, dibawa santai saja jangan terlalu tegang agar semuanya bisa lancar, tentu saja dari pihak FSEI diharapkan dapat bekerja sama dengan baik terutama dalam menyiapkan dokumen pendukung yang sudah dituliskan, sehingga hasilnya bisa sesuai yang diharapkan.” Ucap Titi

Penullis: M.Nurdin

Leave a Comment